Kamis, 01 Agustus 2019

Algoritme dan Program.

PERBEDAAN PREMOGRAMAN DAN PROGRAM


 PEMOGRAMAN.
 adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritmelogika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
    Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritme yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut pradigma pemograman.



PROGRAM(PROGRAM KOMPUTER).
  Program komputer atau sering kali disingkat sebagai program adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer. Komputer pada dasarnya membutuhkan keberadaan program agar bisa menjalankan fungsinya sebagai komputer, biasanya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi serangkaian instruksi program tersebutpada prosesor.[2] Sebuah program biasanya memiliki suatu bentuk model pengeksekusian tertentu agar dapat secara langsung dieksekusi oleh komputer. Program yang sama dalam format kode yang dapat dibaca oleh manusia disebut sebagai kode sumbe, bentuk program yang memungkinkan programmer menganalisis serta melakukan penelaahan algoritme yang digunakan pada program tersebut. Kode sumber tersebut pada akhirnya dikompilasi oleh utilitas bahasa pemrograman tertentu sehingga membentuk sebuah program. bentuk alternatif lain model pengeksekusian sebuah program adalah dengan menggunakan bantuan interpreter, kode sumber tersebut langsung dijalankan oleh utilitas interpreter suatu bahasa pemrograman yang digunakan


Programmer.

   adalah seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka mempunyai banyak kemampuan terdiri dari berbagai level, mereka handal dalam menulis kode, mengerti algoritma dan sering bekerja sendiri.





Algoritma.
 adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan,pemrosesan data dan penalaran otomatis.
Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah funsi.Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong)

Cara membuat algoritme yang benar.
   Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan algoritma adalah waktu proses. Untuk menentukan waktu proses secara tepat merupakan pekerjaan yang sulit. Analisa yang diinginkan untuk menyatakan efisiensi algoritma haruslah dibuat seumum mungkin sehingga bisa dipakai pada semua algoritma, terlepas dari implementasinya. Dalam melakukan analisa suatu algoritma kita harus mengfokuskan diri pada operasi aktif yang merupakan pusat program, yaitu bagian program yang paling sering dieksekusi. Bagian-bagian lain seperti pemasukan data, penugasan dan lain sebagainya dapat diabaikan, karena bagian ini tidak dieksekusi sesering operasi aktif. Jumlah keksekusi operasi aktif inilah yang selanjutnya dihitung.
Pada suatu algoritma yang perlu kita ketahui pada umumnya adalah:
  • Space, yaitu alokasi yang bersifat sintetis
  • Struktur Program, berhubungan dengan berapa banyak langkah yang diperlukan untuk menjalankan algoritma yang dibuat
  • Rekursif, pemakaian fungsi rekursif atau perulangan pada suatu algoritma.
Kompleksitas waktu pada sebuah algoritma berisi jumlah langkah dan ekspresi bilangan yang dibutuhkan sebagai fungsi dari ukuran permasalahan. Kompleksitas ruang berkaitan dengan sistem memori yang dibutuhkan untuk eksekusi.
efisiensi waktu algoritma diukur dalam satuan n (problem size). terdapat 4 langkah untuk menentukan ukuran efisiensi waktu, antara lain:
  1. Menentukan problem size (n)
    image
  2. Menentukan operasi dominan
    operasi dominan merupakan operasi yang paling banyak dilakukan, sesuai konteks permasalahan. misalkan pada algoritma menentukan nilai max/ min, operasi dominannya adalah operasi perbandingan “>” atau “<”. pada algoritma searching operasi dominannya adalah operasi “=”.
  3. Menentukan Fungsi langkah → g(n)
    image
  4. Menentukan kompleksitas waktu O(f(n)) (Big Oh function)
    image

Hubungan Algoritme dengan Pemograman.

Karena Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah 

yang disusun secara sistematis. Masalah dapat berupa apa saja, dengan catatan 

untuk setiap masalah, ada syarat kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum 

menjalankan pemograman




5 komentar:

INFORMASI REPEATER, HUB, BRIDGE, SWITCH DAN ROUTER

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR INFORMASI TENTANG REPEATER, HUB, BRIDGE, SWITCH DAN ROUTER,  PADA JARINGAN KOMPUTER. 🔵   REPEATE...