Senin, 30 September 2019

MACAM MACAM GERBANG LOGIKA


GERBANG LOGIKA


Gerbang NAND (NAND Gate)

Hasil gambar untuk gerbang NAND

Arti NAND adalah NOT AND , Gerbang NAND merupakan kombinasi dari Gerbang AND dan Gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari Keluaran (Output) Gerbang AND. Gerbang NAND akan menghasilkan Keluaran Logika 0 apabila semua Masukan (Input) pada Logika 1 dan jika terdapat sebuah Input yang bernilai Logika 0 maka akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1.

MACAM MACAM GERBANG KOMBINASI
Gerbang kombinasional merupakan pengkombinasian atau gabungan dari gerbang-gerbang dasar sehingga didapatkan sautu output yang kita inginkan. Gerbang-gerbang dasar yang digunakan pada praktik ini yaitu gerbang AND, OR, NAND dan NOT.
😀 Gerbang NAND

Simbol-NAND-Gate Tabel-logika-NAND-Gate

adalah kombinasi antara gerbang Not dan gerbang AND yang berarti keluaran logika dari gerbang NAND Gate adalah kebalikan dari AND Gate. Sehingga NAND Gate akan berlogika 0 jika kedua inputnya bernilai 1 (satu) dan akan berlogika 1 jika salah satu atau kedua inputnya bernilai 0 (nol)
😁 Gerbang NOR

Simbol-NOR-GateTabel-logika-NOR-Gate

Sama seperti NAND Gate, gerbang NOR juga merupakan gerbang logika kembangan yang mengkombinasikan antar gerbang OR dan gerbang Not. Keluaran logika NOR Gate juga kebalikan dari OR Gate. NOR gate akan berlogika 0 jika salah satu atau kedua inputnya berlogika 1 (satu) dan akan berlogika 1 jika kedua inputnya berlogika 0 (nol).
😃 Gerbang X-OR

Simbol-X-OR-Gate Tabel-logika-X-OR Gate

Gerbang X-OR akan menghasilkan keluaran logika 1 jika semua inputnya mempunyai nilai logika yang berbeda. Jika nilai logika inputnya sama, maka keluaran logika gerbang X-OR akan 0. 
😄 Gerbang X-NOR

Simbol-X-NOR-Gate Tabel-logika-X-NOR-Gate

Gerbang logika X-NOR merupakan kombinasi dari gerbang X-OR dan gerbang NOT. Gerbang X-NOR akan menghasilkan keluaran logika 1 jika semua inputnya memiliki nilai logika yang sama dan akan menghasilkan keluaran logika 0 jika semua masukan atau inputnya memiliki nilai logika berbeda. X-NOR merupakan kebalikan dari X-OR


TABEL KEBEBARAN X-NOR
A
B
Y
VALUE
0
0
0
FALSE
0
1
1
TRUE
1
0
1
TRUE
1
1
0
FALSE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFORMASI REPEATER, HUB, BRIDGE, SWITCH DAN ROUTER

KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR INFORMASI TENTANG REPEATER, HUB, BRIDGE, SWITCH DAN ROUTER,  PADA JARINGAN KOMPUTER. 🔵   REPEATE...